Beranda » artikel » Cara Kerja Proyektor

Cara Kerja Proyektor

T Diposting oleh pada 1 December 2014
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 44 kali

Proyektor Digital

PROYEKTOR, sering juga disebut dengan LCD saja. Sebenarnya saya sangat tidak setuju dengan istilah ini, karena jelas-jelas istilah ini tidak merujuk pada alat yang “tepat”. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan sebuah teknologi yang umum digunakan pada proyektor digital. Teknologi selain LCD diantaranya adalah DLP (Digital Light Processing).

PROYEKTOR LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.

Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki kedalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panel LCD langsung dibiaskan lensa ke layar. Selain itu gambar pada proyektor LCD juga lebih tajam dibandingkan dengan hasil gambar proyektor DLP. Kelebihan lain dari LCD adalah penggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan proyektor dengan teknologi DLP. Sedangkan kelemahan teknologi LCD adalah besar piksel yang terlihat jelas di gambar. Ini yang menyebabkan teknologi LCd kurang cocok untuk memutar film karena akan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang “selaput katarak”.

PROYEKTOR DLP memiliki cara kerja proyektor ini sangat berbeda dengan LCD. Salah satu perbedaan DLP adalah adanya chip DLP (disebut juga DMD – Digital Micro Device). Pada chip DLP ini terdapat cermin-cermin yang berukuran mikro (sepersejuta) yang terbuat dari alumunium dan berfungsi untuk mematulkan cahaya untuk memberntuk citra. Cermin-cermin ini dapat bergerak membelokkan cahaya sampai 5000 kali per detik.

7

Cara Kerja Proyektor

Perbedaan lain juga terdapat pada cara DLP memberi warna pada cahaya yang lewat lampu proyektor. Cermin mikro pada chip DLP tidak memiliki warna yang spesifik untuk memberi warna pada gamba. Sehingga diperlukan filter warna (berupa lingkaran yang berisi warna-warna dasar merah, hijau dan biru) yang berputar dengan ritme tertentu dan tersinkronisasi dengan pergerakan cermin mikro. Cahaya yang tidak dipakai pada gambar akhir akan dibelokkan keluar dari jalur bias oleh cermin mikro. Proyektor hi-end ada yang membenamkan 3 chip DLP dalam perangkatnya. Tiap chip menangani warna dasar yang berbeda. Sehingga biasanya memiliki harga yang mahal (sekitar US$10.000-an keatas). Keunggulan teknologi DLP terdapat pada ringkasnya ruang cahaya yang diperlukan. Hal ini tentu mempengaruhi ukuran “bodi” proyektor. Selain itu, kontras warna yang dihasilkan proyektor DLP sangat baik dengan kualitas warna hitam yang lebih baik. Piksel yang terlihat pada gambar yang dihasilkan oleh proyektor LCD juga dapat diminimalisir dengan baik oleh teknologi DLP. Sedangkan kelemahan DLP terdapat pada lingkaran warna yang merupakan salah satu komponen pentingnya. Pada beberapa kasus, lingkaran warna ini dapat menghasilkan “efek pelangi”. Yaitu munculnya warna asing di luar 3 warna primer yang ada akibat kesalahan perputaran lingkaran warna

 

Belum ada Komentar untuk Cara Kerja Proyektor

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Kerja Proyektor

Pengertian Dan Fungsi Proyektor

Pengertian Dan Fungsi Proyektor

T 1 September 2015 F A proyektormalang

PENGERTIAN PROJECTOR Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Mengapa projector ? Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, projector memiliki... Selengkapnya

Tipe-Tipe LCD Proyektor

Tipe-Tipe LCD Proyektor

T 17 October 2015 F A proyektormalang

                    Ada 4 tipe proyektor yang umum beredar di pasaran, yaitu CRT, LCD, DLP, dan LCoS. Setiap tipe proyektor tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Maka dari itu setiap tipe proyektor... Selengkapnya

8

Viewing Angle Proyektor

T 8 December 2014 F A proyektormalang

Viewing angle adalah besaran derajat sudut pandang dari tampilan proyeksi tetap optimal. Besarnya viewing angle diperlukan agar hasil tampilan tetap layak dilihat walau tidak tegak lurus dengan screen.

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai persewaal LCD Proyektor.

Tentang Kami

Kami rental proyektor malang menyediakan jasa rental Lcd Proyektor, dengan mengedepankan pelayanan tercepat,
harga terjangkau, dan kualitas terbaik.
jadi jika anda membutuhkan jasa kami. kami siap membantu permasalahan dalam bidang persewaan proyektor anda.

Hubungi Kami

Phone Cs 1 : 082232112005
Phone Cs 2 : 085749572513
Phone Cs 3 : 082145950356
______________________
WhatsApp : 082145950356
Line : 082145950356
BBM : 5CAAF55D
Alamat : Candi Panggung No.31A Malang

Layanan Kami

RENTAL LCD POYEKTOR 2700al
RENTAL LCD POYEKTOR 3000al
RENTAL LCD POYEKTOR 3500al
RENTAL LCD POYEKTOR 4200al
RENTAL LCD POYEKTOR 5500al
RENTAL SCREEN Tripod 70” (1.7mx1,7m)
RENTAL SCREEN Tripod 84” (2.05mx2.05m)
RENTAL SCREEN Ukuran 150” (3mx2.3m)
RENTAL SCREEN Ukuran 200” (4x3m)
RENTAL SCREEN Ukuran 300” (6mx4.5m)